Graphomaster Gallery
Graphology Training Malaysia dsc05222_resize grapho-workshop-for-pln-wil-lampung-11 diah gfbl11 dsc05247_resize
Buaya Show @ Indosiar 11 April 2012 dan 22 Feb 2012
bs10 bs9 bs8 bs7 bs4 bs3
Workshop “Grapho For Better Life”

Harga diri Anda tercermin dari tulisan Anda

Seperti yang sering kita bicarakan, bahwa pikiran sadar Anda mengontrol apa yang Anda tulis, tapi pikiran bawah sadar Anda mengontrol bagaimana cara Anda menuliskannya. Banyak hal akan tercermin dari tulisan tangan Anda, salah satunya dalah harga diri atau citra diri Anda.  Beberapa tips grafologi dibawah ini akan memberikan gambaran bagaimana citra diri Anda sehat atau ada sesuatu yang perlu diperbaiki.

Harga diri Negatif:

Meremehkan Diri Sendiri

Petunjuk Grafis: t-bar yang tidak lebih tinggi dari zona tengah atau didalam zona tengah menunjukkan meremehkan diri sendiri.

Definisi:
Penulis mempunyai perasaan rendah diri dan ketidak-mampuan. Pendapatnya yang rendah terhadap dirinya biasanya diwujudkan dalam menetapkan tujuan yang rendah /terbatas untuk dirinya sendiri. Dia banyak menggerutu mengenai keraguan diri dan banyak memikirkan kekurangannya. Sulit bagi dia untuk berhubungan dengan orang lain karena ia begitu terpengaruh oleh apa yang mereka katakan atau lakukan, atau bahkan dengan bagaiman mereka mengatakannya. Dia terlalu peka terhadap kritik dan sering merasa hancur oleh sebuah komentar yang tidak bersalah.

 

Kedangkalan

Petunjuk Grafis: t-bar melengkung cekung seperti baskom menunjukkan kedangkalan.

Definisi: Penulis mencoba untuk menghindari tuntutan kehidupan. Dia tidak serius tentang tujuan dan pandangan secara keseluruhan adalah dangkal. Ia mungkin berbakat di banyak bidang, tetapi ia tidak memiliki niat serius untuk menggunakan dirinya sepenuh hati untuk tujuan yang bermanfaat. Usaha utamanya adalah untuk menghindari tanggung jawab dan menahan/menyembunyikan dirinya sebanyak mungkin. Dia biasanya melebih-lebihkan bahaya di depannya dan ketika dipaksa untuk menerima bertanggung jawab, dia menarik diri (kabur).

 

 

 

Kontrol Diri (tertutup)

Petunjuk Grafis: t-bar yang melengkung ke bawah menunjukkan pengendalian diri (tertutup).

 

Definisi: Penulis berusaha untuk mengendalikan sifat-sifat kepribadian yang dia merasa merugikan citra baik dirinya di mata orang lain atau citra yang telah diciptakannya.

 

 

 

 

Sensitif Terhadap Kritikan

Petunjuk Grafis: Batang dari huruf  d  atau  t  kecil yang membulat seperti balon mengungkapkan bahwa penulis sensitif terhadap kritikan.

Definisi: Penulis mudah tersinggung atau merasa terganggu oleh kritik nyata atau yang sebenarnya tidak nyata. Perasaannya mudah terluka. Dibutuhkan sangat sedikit upaya untuk “menusuk di bawah kulitnya.” Dia sangat rentan bahkan untuk sedikit komentar tentang kebiasaan, penampilan, tingkah laku, ide atau keyakinannya. Sedikit kritik saja menempatkan dia untuk bertahan, meskipun ia tidak akan mau mengakui – bahkan pada dirinya sendiri – sedang bertahan.

 

Kesombongan

Petunjuk Grafis: Batang d atau t yang lebih tinggi dari 3 ½ kali ukuran huruf zona tengah adalah bukti dari kesombongan.

Definisi: Pada dasarnya penulis merasa tidak aman dan rentan. Sebagai kompensasi, ia butuh pujian atas penampilan dan prestasi nya secara berlebihan. Dia offset perasaan tidak mampu dengan persetujuan yang berlebihan terhadap dirinya sehingga dalam pikirannya dirinya berada diatas orang lain. Dia membuat dalam imajinasinya foto dirinya sendiri yang akan mengesankan orang lain, dengan demikian dia mampu mengabaikan realitas seperti apa yang dia sebenarnya. Dia pandai menggertak, sering menjanjikan lebih dari yang bisa dia penuhi.

 

Canggung (Pemalu)

Petunjuk Grafis: Punuk akhir lebih tinggi dari awal pada huruf M, N, m atau n menyingkap kesadaran diri (pemalu).

Definisi: Penulis merasa canggung & tidak nyaman di hadapan orang asing atau dalam situasi yang asing. Dia malu dan melindungi diri sendiri. Dia merasa janggal dan tidak layak dalam hubungan baru dan tidak tahu harus berbuat apa.

 

 

 

 

Mencela Diri Sendiri

Petunjuk Grafis: Goresan akhir yang naik dan melengkung balik kekiri diatas kata mengungkapkan penulis sering mencela diri sendiri.

Definisi: Penulis selalu menyalahkan diri sendiri dan secara bawah sadar berusaha menghukum diri sendiri. Bahkan dia sering menyalahkan diri sendiri untuk masalah atau keadaan di mana ia tidak punya kendali.

 

 

Pengunduran Diri

Petunjuk Grafis: Akhir stroke zona bawah melengkung kembali ke bawah baseline menyatakan pengunduran diri.

Definisi: Penulis secara pasif menerima nasibnya. Dia sering kali dalam kesedihan dan dengan berat hati menyerah pada kekuatan negatif di sekelilingnya. Dia menderita kekecewaan bersikap pesimis secara terus menerus. Sulit baginya untuk bekerja dibawah tekanan, karena dia lebih focus kepada rasa keputus-asaan daripada bagaimana mengatasi situasi. Dia biasanya melihat semua pengalaman hidup, baik sekarang maupun masa depan, sebagai suatu yang suram dan tanpa harapan, dalam kasus yang ekstrim, berarti apatis. pandangan negatif nya cenderung mempengaruhi orang lain juga. Karena keputus-asaannya jarang mereka bertahan mengerjakan sesuatu untuk waktu yang lama.

 

 

Harga diri Positif

Tekad

Petunjuk Grafis: t-bar yang tegas menunjukkan tekad yang kuat. Semakin tegas t-bar, semakin kuat adalah tekadnya.

Definisi: Penulis melakukan usaha mental ekstra terhadap rencana masa depan dan aspirasi. Dia merasa bangga terhadap usahanya dan ingin berhasil oleh tekadnya. Orang lain akan ikut merasakan pengaruh dari kepribadian yang kuat. (Kekuatan tekad lemah = penulis tidak memiliki kekuatan energi untuk bertahan cukup lama sampai usahanya membuahkan hasil).

 

Kemandirian

Petunjuk Grafis: Menggarisbawahi tanda tangan merupakan indikator utama untuk kemandirian. Supaya sifat ini efektif tanda tangan perlu digarisbawahi seluruhnya dengan goresan yang kuat dan lurus, kalau tidak maka intensitas sifat akan melemah.

Definisi: Penulis ingin mencapai tujuan dan menyelesaikan tugas-tugasnya sendiri atau dengan bantuan luar sesedikit mungkin. Dia mempunyai otoritas sendiri dan tidak akan membiarkan dirinya menjadi tergantung pada orang lain.

 

 

 

Percaya Diri

Petunjuk Grafis :

1.      Personal pronound I (PPI) proporsional dengan ukuran menulis secara keseluruhan (cukup besar).

2.      Ukuran zona tengah menengah hingga besar.

 

3.      Tanda tangan proporsional dengan ukuran tulisan, sedikit lebih besar

4.      t-bar cukup tinggi, kira-kira 2/3 dari batang

Definisi: Penulis yakin dan percaya diri. Ia berani menghadapi situasi sulit. Dia memandang tantangan sebagai hal yang biasa dan dia tahu bahwa dia bisa menangani masalah jika dia harus. Ia dapat berfungsi dengan baik dalam hidup dan pekerjaannya karena dia tahu kekuatannya sendiri dan potensinya.

 

 

Kepastian / Ketegasan.

Petunjuk Grafis: Goresan kebawah yang tegas dari zona atas yang berakhir di baseline menunjukkan kepastian / ketegasan.

Definisi: Penulis mengambil sikap yang tegas dan pasti tentang masalah apapun. Ia memegang teguh keyakinannya pada setiap saat.

Leave a Reply

Links
Talkshow Gaya FM graphomaster forum
Testimoni Graphomaster


Fan Page
Grapho Master Newsletter
Name: